Skip to main content

apa itu membaca?

Membaca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigationJump to search
Membaca
Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan.[1]Kegiatan membaca meliputi membaca nyaring dan membaca dalam hati.[1]Membaca nyaring adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan cara membaca keras-keras di depan umum.[1]Sedangkan kegiatan membaca dalam hati adalah kegiatan membaca dengan saksama yang dilakukan untuk mengrti dan memahami maksud atau tujuan penulis dalam media tertulis.[1]

MANFAAT DARI MEMBACA
Buku adalah jendela dunia. Begitulah pepatah yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang terkenal dan sukses dalam kehidupannya memiliki hobi membaca. Membaca selain menjadi hobi yang positif dalam mengisi waktu luang juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kecerdasan maupun hubungan sosial kita terhadap orang lain.
Lebih lengkapnya, berikut ini uraian manfaat yang dapat kamu rasakan ketika banyak membaca buku.

1. Menambah wawasan

Selain Menambah Wawasan, Ini 7 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Perlu TahuPhoto by Lilly Rum on Unsplash
Tentu saja dengan banyak membaca buku wawasan kita akan bertambah. Kita dapat mengetahui persoalan-persoalan ataupun kehidupan belahan dunia lain maupun masa lampau meski tidak melihatnya sendiri. Dengan memiliki banyak ilmu kita tidak akan mudah dibodohi oleh orang lain. Masih ingat kan kata bijak dari Francis Bacon? "Pengetahuan adalah Kekuatan!"

2. Berpikiran terbuka

Selain Menambah Wawasan, Ini 7 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Perlu TahuPhoto by Aziz Acharki on Unsplash
Orang yang banyak membaca buku akan memiliki pikiran yang luas dan terbuka karena menyerap informasi tidak dari satu perspektif saja. Ia akan selalu melihat sebuah permasalahan dan perbedaan yang ada dengan berbagai sisi, sehingga tidak mengherankan orang yang banyak membaca buku tidak akan mudah menjustifikasi ataupun menyalahkan orang lain.

3. Banyak inspirasi

Selain Menambah Wawasan, Ini 7 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Perlu TahuPhoto by Corey Blaz on Unsplash
ADVERTISEMENT
Kreativitas memerlukan banyak ide-ide yang harus dituangkan dalam bentuk karya. Melalui membaca buku maka kita akan mendapatkkan inspirasi-inspirasi yang akan menjadikan kita produktif. 

4. Memiliki hubungan sosial yang baik

Selain Menambah Wawasan, Ini 7 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Perlu TahuPhoto by Aravind Kumar on Unsplash
Terdapat sebuah penelitian di Amerika Serikat tentang kegemaran orang yang membaca buku. Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang banyak membaca buku akan memiliki kepedulian sosial atau rasa empati yang lebih tinggi. Orang yang peduli terhadap orang lain akan selalu disenangi teman-temanya.

5. Memiliki imajinasi tinggi

Selain Menambah Wawasan, Ini 7 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Perlu TahuPhoto by Annie Spratt on Unsplash
Berbeda ketika menonton televisi dimana kita dapat melihat gambar-gambar yang ditampilkan. Membaca tidak menampilkan gambar-gambar yang bergerak sehingga pikiran kitalah yang harus bermain. Dengan begitu maka otak kita akan diajak untuk berimajinasi dan mebayangkan informasi ataupun cerita-cerita yang disajikan dalam setiap bacaan.

6. Mengembalikan mood untuk beraktivitas

Selain Menambah Wawasan, Ini 7 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Perlu TahuPhoto by Ben White on Unsplash
Dalam keseharian kita tentunya dituntut untuk menyelesaikan berbagai hal, mulai dari pekerjaan di kantor, tugas sekolah, maupun aktivitas lainya. Dengan membaca buku maka kita akan melakukan rehat sejenak untuk menenangkan pikiran sambil menggali informasi-informasi baru dari bacaan. 

7. Memudahkan dalam menulis

Selain Menambah Wawasan, Ini 7 Manfaat Membaca Buku yang Kamu Perlu TahuPhoto by Mikayla Mallek on Unsplash
Semakin banyak kita membaca buku maka akan semakin banyak pula inspirasi dalam menulis yang dapat kita temukan. Selain itu dengan membaca buku akan menambah pembendaharaan kosa kata yang pastinya akan membantu kita dalam hal kepenulisan. Semakin banyak kita membaca maka semakin banyak pula hal yang dapat kita tulis.
https://www.idntimes.com/life/inspiration/jailani-1/7-manfaat-membaca-buku-yang-kamu-perlu-tahu-c1c2/full

Comments

Popular posts from this blog

cara menggunakan serum

hallo semua, disini aku mau jelasin gimana  aku menjalankan salah satu hobby aku ngerawat diri sendiri lebih tepatnya dibagian wajah... nah sekarang aku mau share cara pake serum wajah yang biasa aku lakuin kalau lagi niat banget pake treatment wajah hehe... aku dapet ilmunya waktu kerja di salah satu brand Internasional yang ada di Bandung.. langsung aja kita bahas. Cara Memakai Serum Wajah yang Tepat dan Benar Jika kamu memperhatikan kesehatan kulit wajah pasti sudah tahu dengan salah satu  skin care  penuh manfaat, yakni serum. Manfaat dari serum diantaranya membantu meremajakan kulit,  melembapkan, menutrisi, meratakan warna kulit, menyamarkan noda, serta menyamarkan garis halus dan keriput. Kulit   memerlukan serum layaknya tubuh membutuhkan vitamin. Untuk itu, jangan remehkan bentuknya yang dikemas dalam botol kecil karena di dalamnya terkandung bahan aktif yang bermanfaat untuk kulit. Agar hasil serum wajah maksimal, kamu perlu mengetahui cara memakai serum

cara atasi banjir

Tips menghadapi bencana banjir Jumat, 18 Januari 2013 11:29 Reporter :  Destriyana       Banjir Jakarta. ©2012 Merdeka.com/Arie Basuki Merdeka.com -  "   Jakarta  kebanjiran, di Bogor angin ngamuk. Rumh an kebakaran gar-gar kompor mleduk ." - Benyamin Sueb - BERITA TERKAIT 5 Bahan yang Mampu Redakan Masalah Ketombe Membandel di Kepala Kesuburan Pria Juga Perlu Diperiksa Jika Belum Punya keturunan Setelah Setahun Bisakah Air Menimbulkan Alergi pada Diri Seseorang? Bait-bait lagu sederhana yang dahulu dilantukan oleh  Benyamin Sueb  berhasil menggambarkan  wajah  kota Jakarta yang sering dilanda bencana. Kini, banjir kembali merendam hampir seluruh wilayah ibukota Indonesia tersebut. Bahkan, Bundaran HI yang merupakan ikon kota metropolitan itu, juga berhasil dilumpuhkan banjir. Sebagaimana pepatah mengatakan  sedia payung sebelum hujan,  berikut adalah tips menghadapi bencana banjir dari  nationalgeographic.com. Sebelum banjir - Hindari m

kulit kusam berjerawat

Kulit Kusam dan Berjerawat? Mungkin Caramu Membersihkannya Kurang Tepat Punya kulit yang halus, mulus dan sehat tentu jadi idaman setiap perempuan. Untuk mencapainya, sebagian perempuan tak segan merogoh biaya yang tak sedikit lewat berbagai perawatan di salon kecantikan hingga membeli  makeup  yang mahal untuk menutupi kekurangan pada wajah. Namun, dengan segala perjuangan mendapatkan kulit yang sehat itu, nyatanya tak semua menampakkan hasil yang maksimal. Kulit kusam dan jerawat tanpa segan mampir di wajah. Wah, apa yang salah ya? Padahal perawatannya sudah maksimal. Ternyata, penyebab kulit kusam dan berjerawat itu bisa diakibatkan karena cara membersihkan yang kurang tepat. Terdengar sepele, tapi dampaknya besar ya! Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penggunaan produk yang tepat. Memilih  skincare  jangan sembarangan, pastikan gunakan produk yang halal dan aman digunakan untuk kulit. Masih bingung memilih  skincare  yang tepat untuk m